Microteaching

LIDM 2021



Tujuan Pembelajaran Mikro



Tujuan utama dari pembelajaran mikro atau disebut juga dengan micro teaching adalah supaya calon guru dalam hal ini mahasiswa mampu memiliki kompetensi, yaitu pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai atau sikap yang direfleksikan dalam berpikir dan bertindak sebagai calon guru, memiliki pengalaman melakukan pembelajaran, dan memiliki kesiapan untuk melakukan praktek pembelajaran di sekolah (Suwarna, dkk., 2006). Jadi, dapat disimpulkan bahwa tujuan utama dari mata kuliah Micro Teaching adalah menjadikan mahasiswa calon guru menjadi guru yang memiliki kompetensi dalam melaksanakan pembelajaran melalui berbagai penguasaan keterampilan mengajar dalam bidang yang diampu dan menjadikannya calon guru yang memiliki kepercayaan diri yang kuat dalam melakukan kegiatan pembelajaran.

Selain tujuan utama dari pengajaran mikro, terdapat juga tujuan khusus dari pengajaran mikro, berdasarkan Allen (1967; Helmiati, 2013) tujuan khusus tersebut meliputi hal-hal sebagai berikut.

  1. Menyiapkan mahasiswa calon guru agar dapat berlatih melaksanakan kegiatan mengajar secara sistematis dan terukur.
  2. Menyederhanakan situasi pembelajaran dalam skala kecil yang ditangani secara gradual, sehingga mahasiswa calon guru dapat dilatih secara mendalam pada komponen-komponen tertentu dari 8 keterampilan dasar mengajar.
  3. Melatih melaksanakan pembelajaran dan observasi kegiatan pembelajaran serta merefleksikannya bersama dalam diskusi kelas yang dapat digunakan untuk memperbaiki latihan melaksanakan pembelajaran.

Fasilitas Lab. Microteaching



Ruang Kelas

Ruang ini merupakan salah satu ruang kelas yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran mikro. Ruangan didesain dengan suasana modern dan nyaman, dilengkapi dengan meja dan kursi berkapasitas sekitar 15–20 orang. Di bagian depan terdapat ViewSonic Smartboard berukuran 75 inci yang berfungsi sebagai media pembelajaran interaktif, mendukung presentasi, simulasi mengajar, dan kegiatan praktik mahasiswa. Ruangan ini juga dilengkapi dengan proyektor, sistem pencahayaan yang terang, serta tata ruang yang rapi, sehingga menunjang kegiatan pembelajaran yang efektif dan kondusif.

Ruang Operator Pembelajaran Mikro

Ruang operator berfungsi sebagai pusat kendali dalam kegiatan pembelajaran mikro. Ruangan ini digunakan oleh dosen untuk memantau, merekam, dan menilai praktik mengajar mahasiswa secara langsung.

Ruang operator dilengkapi dengan meja, kursi, TV, laptop, mixer audio, monitor berukuran besar yang terhubung dengan ruang pembelajaran melalui sistem video dan audio. Fasilitas ini memungkinkan dosen melakukan observasi tanpa mengganggu jalannya simulasi mengajar di kelas.

Kamera 360° Pembelajaran Mikro

Untuk mendukung kegiatan observasi, ruang pembelajaran mikro dilengkapi dengan kamera 360° beresolusi tinggi yang terpasang di langit-langit ruangan. Kamera ini berfungsi untuk merekam seluruh aktivitas mahasiswa dari berbagai sudut pandang, sehingga setiap proses pembelajaran dapat diamati secara menyeluruh.

Fasilitas ini membantu dosen dalam melakukan penilaian yang lebih objektif dan akurat, sekaligus menjadi sarana pendukung pembelajaran berbasis teknologi di lingkungan kampus.